Kamis, 23 Juli 2009

Illuminated Shift Knob

Source: http://saft7.com/?p=227

shiftkn

LED adalah salah satu komponen favorit saya karena bentuknya ringkas, hemat energi dan bisa diaplikasikan dalam berbagai kreasi.
Saya membayangkan apabila shiftknob mobil saya dibuat menyala pada bagian panelnya, sepertinya akan asik juga. Kebetulan panel shiftknob mobil saya bisa dilepas dan transparant pada tulisan yang berwarna putih, sehingga pas buat project iseng ini.
Idenya adalah, saya akan menggunakan LED Ultrabright yang berwarna biru, dirangkai seri dengan resistor sebesar 1Kilo Ohm.
Rangkaian LED ini saya hubungkan dengan lampu senja, jadi ketika lampu senja dinyalakan, berbarengan dengan lampu-lampu panel yang ada di dashboard, LED ini juga akan menyala. Begitu juga saat lampu besar menyala.

shiftkn01

Langkah selanjutnya adalah saya membuka shiftknob, kemudian melubangi bagian atasnya dengan lebih dahulu melepas panel shiftknob. LED saya masukkan dari bawah.

shiftkn02

Saya coba nyalakan pada saat gelap, cahaya lumayan terang.

shiftkn03

Setelah selesai, saya rapihkan kembali panel shiftknob tersebut.

shiftkn04

Saatnya beraksi… Seperti inilah tampilan Illuminated Shiftknob bikinan sendiri.

shiftkn05

Berdasarkan pengamatan saya, tidak semua shiftknob pada kendaraan lain dibuat seperti ini.
Semoga tulisan ini bisa menjadi sumber inspirasi atau ide lain untuk dikembangkan lebih lanjut dan lebih kreatif lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar